Sambal Opa

Sambal Opa

Papa saya suka masak, jadi senin sampai jumat, Mama yang masak, sabtu dan minggu jatah Papa yang masak. Kenapa namanya Opa? Karena Papa saya sudah punya 5 cucu 😊 Kalo ada acara kumpul2 dadakan ama temen2 WNI dan pada malas masak, kita bisa beli ayam bakar. Tapi sambel Mexico tuh nggak nendang, jadi langsung aja buka kulkas dan bikin sambal Opa karena bahan2nya simpel aja. Ini sambel matang dadakan, jadi bikinnya cepet, dan kalo ngga habis, tinggal masukin ke botol bekas selai, bisa buat 2 hari kedepan tanpa masuk kulkas. Mana enak makan nasi sambel lalap tapi sambelnya dingin, ya kan...ya kan...

Persiapan
6 Menit 40 Detik
Waktu Memasak
20 menit
Penyajian
5 orang

Dikirim oleh

Pada 24 September 2020 16.02

Langkah-langkah pembuatan

1. Tahap
Potong kasar duo-cabe dan duo-bawang. Tomat rajang agak halus supaya nanti masaknya ada tekstur juicy.
2. Tahap
Panaskan minyak, masukkan berurutan bawput, biarkan agak layu, bawmer, aduk hingga agak transparan, masukkan duo-cabe hingga layu, baru masukkan tomat. Aduk hingga tomat lumer.
3. Tahap
Tambahkan terasi, gulmer dan garam, test rasa.
4. Tahap
Kalo saya sih, panas2 langsung masukin botol bekas selai, soalnya yang makan sambal cuma berduaan ama suami, pasti sambelnya bisa dipake buat menu hari berikutnya.

Bahan-bahan

  • 5 cabe hijau
  • 2 cabe merah
  • 5 bawang putih
  • 2 bawang merah
  • 1 tomat
  • 1/2 sdt terasi
  • 1 sdt gula merah
  • 1/2 sdt garam
  • 3 sdm minyak goreng

Bagikan ke teman anda